Apakah manajemen reputasi hilang? Coba tips ini!

Manajemen reputasi bisnis Anda yang efektif lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Penilaian negatif oleh pelanggan yang marah sudah cukup untuk merusak reputasi bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda perlu tahu bagaimana mitigasi dilakukan. Ini adalah bagian dari manajemen reputasi yang efektif yang harus diketahui oleh semua pengusaha. Baca terus untuk informasi lebih lanjut.

Jika situs Anda tidak ada di halaman depan pencarian Internet, mungkin sudah saatnya berinvestasi di perusahaan optimisasi mesin pencari. Perusahaan ini menggunakan metode SEO terbaru untuk mengintegrasikan kata kunci ke setiap halaman situs web Anda.

Pastikan reputasi Anda tetap kuat dengan berupaya memenangkan pelanggan yang tidak puas. Ini menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda adalah pengusaha yang baik. Bahkan lebih baik melakukannya di forum online publik. Pelanggan lain dan pelanggan potensial akan menemukan bahwa Anda secara proaktif mengatasi masalah pelanggan dan lebih bersedia untuk melakukan bisnis dengan Anda di masa depan.


Ketika orang meluangkan waktu untuk mengatakan sesuatu tentang bisnis Anda, penting bahwa Anda cukup sopan untuk merespons. Meskipun Anda bisa menjadi orang yang sangat sibuk, tunjukkan audiens Anda bahwa Anda benar-benar peduli dengan mereka dan apa yang mereka katakan. Ini penting jika Anda ingin mempertahankan basis pelanggan yang solid.

Luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang terjadi di dunia bisnis. Jadi, Anda juga dapat selalu memperbarui informasi pelanggan. Coba luangkan waktu hari ini.

Pastikan Anda menerbitkan banyak konten untuk meningkatkan reputasi bisnis online Anda. Meskipun hampir tidak mungkin untuk sepenuhnya menghapus konten negatif dari Internet, konten negatif dapat ditransfer ke halaman hasil mesin pencari yang kurang digunakan. Karenanya, jika komentar negatif perusahaan Anda dipindahkan ke halaman kelima atau keenam dari hasilnya, mereka tidak akan sering membaca.

Jika bisnis Anda terdaftar di situs evaluasi yang dapat ditanggapi oleh pemilik bisnis, Anda harus menggunakannya. Jika umpan balik yang Anda terima positif atau negatif, Anda harus merespons. Banyak terima kasih kepada orang-orang yang hanya memuji dan menawarkan sesuatu kepada mereka yang tidak puas.

Jangan abaikan kesalahan perusahaan Anda. Anda harus memahami bahwa pelanggan Anda cerdas. Menunjukkan bahwa Anda melakukan kesalahan dan dengan tulus meminta maaf. Pelanggan Anda cenderung memaafkan Anda, terutama jika Anda memberikan insentif tambahan untuk mengkompensasi kesalahan tersebut.

Selalu ingat bahwa tidak ada cara untuk memuaskan semua orang. Ada banyak pengusaha yang sangat berkecil hati ketika mereka menerima umpan balik negatif yang memungkinkan mereka untuk membentuk bisnis mereka. Tidak baik melihat hal-hal negatif tentang Anda, tetapi jangan biarkan hal itu menghancurkan Anda.

Bahkan jika seorang pelanggan telah membeli sesuatu dari perusahaan Anda, hubungi mereka. Masalah mereka mungkin muncul kemudian. Pada saat check-in, Anda memiliki opsi untuk menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi.

Anda harus waspada ketika harus melindungi diri dari reputasi yang buruk. Bahkan jika Anda telah melakukan segalanya untuk menyelesaikan masalah Anda saat ini, akan selalu ada lebih banyak di masa depan. Mengawasi hal-hal memastikan mereka tidak lepas kendali.

Persaingan hebat di hampir setiap sektor yang dapat Anda bayangkan. Seorang pelanggan mengalihkan bisnisnya ke perusahaan dengan reputasi terbaik, karena hampir dijamin bahwa dia akan puas setiap saat. Publisitas buruk dapat menyebar dengan cepat. Jadi perhatikan manajemen reputasi yang baik dan lindungi bisnis Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>