Kiat untuk donasi online yang aman

Sumbangan bukan lagi kata asing di masyarakat. Donasi itu sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik konvensional maupun online.
Seperti yang diumumkan MasterCard, donasi kini tumbuh di internet, terutama pada beberapa acara meriah ketika kegiatan amal dilakukan di Internet untuk meningkatkan jangkauan.
Tapi apakah Anda yakin sumbangan online Anda aman? Kekhawatiran tentang keamanan donasi online harus memengaruhi jumlah donasi yang dapat dikumpulkan.
Namun, jika Anda menyumbang melalui situs web resmi, lebih mudah untuk melacak di mana dan untuk apa uang mereka didistribusikan daripada menghasilkan uang.
Enam tips berikut dapat membantu Anda memastikan bahwa donasi Anda diteruskan dengan aman ke organisasi sosial pilihan MasterCard pilihan Anda:
1. Jangan menyumbangkan fasilitas yang tidak Anda kenal dan tidak mencari informasi tentang fasilitas yang ingin Anda bantu.
2. Ikuti email yang dikirim oleh organisasi sosial dan jangan pernah memasuki halaman amal melalui hyperlink yang terkandung dalam email. Jika Anda curiga, teliti organisasi tersebut secara online. Jika Anda menerima email dari organisasi yang Anda yakini salah atau tidak realistis, segera laporkan ke pihak berwenang.
3. Sebelum memberikan donasi, pastikan situs aman dengan mencari ikon gembok hijau di browser web Anda. Ikon muncul di bilah URL browser Anda, dan ikon hanya muncul di situs yang benar-benar aman.
4. Jika Anda memiliki masalah dengan otentikasi pembayaran di situs, periksa sertifikat konfirmasi di halaman ini. Contohnya termasuk MasterCard SecureCode, Visa-diverifikasi dan American Express SafeKey.
5. Hindari menyumbang melalui perusahaan pengiriman uang atau transfer langsung dari organisasi sosial yang tidak dikenal ke bank, karena metode ini tidak dapat memberi Anda perlindungan yang memadai ketika terjadi penipuan dalam transaksi.
6. Jika Anda merasa curiga dengan donasi, segera hubungi bank!
Kiat untuk menghindari penipuan dengan kedok sumbangan
Seruan untuk donasi, penggalangan dana atau aksi sosial baru-baru ini diulang di media sosial. Namun, tidak banyak pengguna media sosial yang nakal dan menjadikan tindakan mulia ini sebagai gangguan untuk melakukan penipuan.
Dengan belas kasih, penipu menggunakan cerita atau gambar yang dapat menghancurkan emosi. Periksa metode berikut untuk menghindari penipuan dengan kedok sumbangan.
Periksa kapan akun itu dibuat

Jika Anda menemukan sumbangan yang diunggah melalui jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, periksa kembali profil penggalangan dana Anda. Jika Anda menemukan sedikit atau tidak ada unggahan, tetapi sudah ribuan orang merespons, Anda harus berhati-hati. Akun perlu waktu untuk tumbuh sehingga banyak orang dapat mengikutinya.
Periksa kelengkapan dokumentasi pendukung
Pastikan akun Anda mengunggah set data pendukung, seperti foto, video, atau dokumen lain yang membuktikan keaslian kisah orang-orang yang seharusnya Anda bantu. Misalnya, jika penggalangan dana menyatakan bahwa Anda menghabiskan puluhan juta dolar untuk biaya pengobatan, pastikan Anda memiliki foto informasi medis dari dokter dan rumah sakit. Selain itu, pemeriksaan dokumenter juga membuktikan jumlah uang yang sebelumnya dihabiskan untuk perawatan.
Cari situs web terkait
Jika penggalangan dana atas nama yayasan atau lembaga tertentu, pastikan mereka memiliki situs dan akun jejaring sosial resmi. Silakan periksa alamat dan nomor telepon yang disediakan lalu coba hubungi kami untuk memverifikasi kebenaran rencana donasi.
Minta pembaruan untuk sumbangan
Mintalah perkembangan terbaru dalam pembiayaan. Bahkan jika Anda ingin jujur dan membantu, pembaruan dapat meninggalkan kesan positif pada Anda dan para pendiri.
cara berhenti donasi unicef dapat meminta bukti dalam bentuk foto, video, bukti pembayaran dan distribusi donasi. Perhatikan bahwa setiap dana yang dikeluarkan benar-benar transparan dan jumlahnya sesuai dengan dana masuk.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>