Perangkat lunak populer untuk aplikasi pemotongan laser

Penggunaan laser dalam industri manufaktur telah lama dikenal. Jika laser daya tinggi digunakan untuk memotong bahan sesuai dengan model yang diinginkan, teknologi ini biasanya disebut sebagai pemotongan laser. Pada pemotongan laser, output dari laser daya tinggi, yang dikendalikan oleh komputer, diarahkan ke material yang akan dipotong. Bahan itu meleleh, terbakar, menguap atau dihembuskan oleh jet gas dan menciptakan tepi perbaikan permukaan berkualitas tinggi. Pemotongan laser dapat diterapkan pada berbagai bahan, termasuk logam, akrilik, kayu, kulit dan bahkan kertas.
Teknologi pemotongan laser tidak bisa berdiri sendiri, tetapi membutuhkan perangkat lunak untuk membuat pola yang terbentuk. Biasanya, perangkat lunak yang digunakan membuat template yang membuat file Scalable Vector Graphics (SVG) yang cocok untuk pemotongan laser. Di bawah ini adalah daftar perangkat lunak yang cocok untuk aplikasi pemotongan laser.
Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah salah satu program paling serbaguna yang memungkinkan Anda bekerja dengan grafik vektor. Mengizinkan pengguna dengan mudah membuat file SVG yang cocok untuk pemotongan laser. Perangkat lunak ini mencakup alat yang memudahkan pengguna untuk merancang model yang diinginkan. Diperlukan waktu untuk mempelajari perangkat lunak ini, tetapi kualitas kegigihan Anda dalam belajar sepenuhnya membayar untuk hasil yang Anda dapatkan.
Inkscape
Perangkat lunak open source alternatif untuk Adobe Illustrator berasal dari Inkscape dan menawarkan fitur yang sama. Merancang atau memperbarui proyek yang ada dapat dilakukan dengan perangkat lunak ini. Pengguna perlu waktu untuk mempelajari cara memanfaatkan perangkat lunak sepenuhnya.
SketchUp
SketchUp adalah salah satu yang paling mudah untuk membeli dan menggunakan perangkat lunak, karena banyak alatnya yang intuitif, dan magnet membantu pengguna dengan mudah membuat model yang menarik. Selain itu, beberapa plug-in memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih banyak fitur, menjadikan SketchUp salah satu perangkat lunak yang paling menarik, terutama jika pengguna memiliki ide bagus tentang apa yang ingin mereka lakukan dan plug-in apa yang diperlukan. .
SolidWorks
Nama hebat lainnya untuk perangkat lunak pemodelan 3D adalah SolidWorks, yang bergantung pada penggunaan sketsa untuk membuat templat. Memodifikasi model 3D dalam proyek 2D mudah dilakukan dengan perangkat lunak ini dan menawarkan hasil yang bersih dan konsisten. SolidWork menawarkan banyak alat, terlepas dari apakah itu model arsitektur atau proyek produk. Namun, perangkat lunak ini tidak dapat mengekspor file SVG untuk hasil proyek. Pengguna pertama-tama harus “membuat” gambar objek, mengekspor gambar dalam format seperti AI dan membuka file dalam Adobe Illustrator atau Inkscape (lihat di atas) untuk mengubahnya menjadi SVG.
AutoCAD
AutoCAD menawarkan banyak alat untuk proyek arsitektur dan bagian mekanis lainnya. inijasa.com dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat proyek yang bagus dan mengekspor file DXF mereka sebelum membuat file SVG menggunakan Illustrator / Inkscape.
OnShape
Perangkat lunak ini adalah alternatif yang layak jika Anda tidak memiliki lisensi SolidWorks atau AutoCAD. OnShape menawarkan banyak alat seperti keduanya dan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Pengguna juga membutuhkan koneksi Internet untuk bekerja dan mengunduh tema khusus. Menariknya, OnShape tersedia untuk tablet dan smartphone, memungkinkan pengguna untuk mengerjakan model di mana pun mereka berada. Sekali lagi, pengguna tidak dapat mengekspor file SVG dari desain OnShape. Oleh karena itu, pengguna harus melalui Illustrator / Inkscape untuk mendapatkan file pemotongan laser yang benar.
SolveSpace

SolveSpace adalah perangkat lunak pemodelan sumber terbuka gratis yang cocok untuk pemotongan laser. Tetapi ketika saya pertama kali melihatnya, perangkat lunak ini tampaknya tidak begitu menarik karena antarmuka pengguna cukup minimalis. Namun, ketika pengguna membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan perangkat lunak ini, mereka menyadari betapa banyak fitur yang ditawarkan. Dengan perangkat lunak ini, pengguna juga dapat mengekspor model secara langsung dalam format SVG.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>